Leonardo Da Vinci

Feb 24

Tokoh legenda yang bernama lengkap Leonardo di ser Piero Da Vinci ini lahir pada tanggal 15 April 1452 di Tuscan, Italia. Dia tidak hanya dikenal sebagai pelukis, tapi juga sebagai pemahat, arsitek, musisi, ilmuwan, ahli geologi, ahli matematika, ahli geologi, ahli botani dan penulis. Beberapa karya yang dihasilkannya membuktikan bahwa dirinya adalah pelukis paling hebat sepanjang masa. Dua lukisannya, yaitu Mona Lisa dan The Last Supper (Perjamuan Terakhir) disebut-sebut sebagai lukisan yang paling terkenal, paling mahal, paling dihormati, dan paling sering ditiru.

Satu-satunya pelukis yang dapat mendekati reputasinya adalah Michaelangelo dengan karya lukisannya The Creation of Adam (Penciptaan Adam). Leonardo Da Vinci juga disebut-sebut sebagai manusia paling jenius yang pernah hidup di bumi. Hal ini disebabkan pemikiran logika empirisnya yang berhasil membuat konsep teknologi modern seperti helikopter, tank, kalkulator, konsentrasi kekuatan solar (matahari), dan teori patahan tektonik di masa Renaissance di mana masyarakatnya mengutamakan kehidupan seni dan religi. Mirisnya, konsep teknologi Leonardo da Vinci baru akan terwujud beratus-ratus tahun kemudian.

Hal ini juga menimpa bidang anatomi tubuh yang menyayangkan kejeniusan Leonardo Da Vinci yang menyebutkan bahwa konsepnya dapat memajukan ilmu kedokteran empat abad lebih cepat. Masa kecil Leonardo dihabiskan di rumah ibunya di Anchiano, Florence karena ia adalah anak tak sah seorang notaris kemukaan Messer Piero Fruosino di Antonio Da Vinci. Tak banyak yang diketahui tentang masa kecilnya, namun sejarah mencatat bahwa pada tahun 1946, Leonardo belajar dan juga bekerja di studio Verroccio yang waktu itu dikenal sebagai studio seni terbaik di Florence.

Di tahun 1476, Leonardo dicatat sebagai terdakwa kasus pelecehan seksual terhadap tiga rekannya dan kemudian keluar dari studio Verroccio. Sejarah tidak mencatat kegiatan apa yang dilakukan Leonardo setelah kasus itu berlangsung, tapi di tahun 1478, Leonardo mendapatkan tugas dari Gereja St. Bernard sebagai awal profesionalismenya di dunia melukis. Sejak itu karir Leonardo banyak diwarnai oleh propaganda agama, perang dan juga politik hingga ia menghabiskan napas terakhirnya di Milan pada tanggal 2 Mei 1519, yang konon legendanya beliau meninggal di pelukan Raja Francis I.

Article Source

Leave a Reply